Jumat, 18 Maret 2016

From Nothing to Something ~ Kisah Sekolah



Assalamu'alaykum..

Woohoooo, sebelum ceritain masa-masa ujian, aku mau ceritain kisah nilai aku dai TK sampe lulus Apoteker aaahhh..



Dulu, aku anak yang bisa dibilang ga pinter-pinter amat.
Waktu TK aku masih inget aku pernah dapet nilai 0 dari guru. Haha. Etapi belum lulus TK aku udah lancar baca, jadi pas masuk SD kelas 1 aku suka geregetan sendiri soalnya gurunya ngajarin kita baca, padahal akunya udah lancer *anakingusansongong*

Waktu SD juga aku ga pinter. Masih inget banget sampe sekarang, aku waktu SD tuh Cuma pernah dapet ranking 2 kali. Yang pertama pas kelas 2 SD caturwulan ke 2 kalo ga salah, itu pun ranking 10. Haha. Yang kedua pas kelas 6 semester 2 pas banget kelulusan, aku dapet ranking 8. Inget banget waktu dulu sebelum ujian atau ambil rapot gitu, aku dan temen temen pengajianku sampe datengin ustadz ngaji kita, minta tolong doain kita biar lulus dan dapet ranking. Eh ternyata setelah bertahun-tahun, dapet ranking juga akuuu.. hahaha

Lulus SD aku masuk SMP Muhammadiyah. Kenapa Muhammadiyah? Itu merupakan suatu keharusan dari bapakku. Pokonya kalo SMP harus sekolah agama, Muhammdiyah pokonya. Padahal, kalo pada waktu itu aku mau ikut General Test (Ujian masuk SMP pada zamannya), mungkin aja aku bisa masuk sekolah yang cukup oke di daerah Jakarta, tapi enggak.  Bapak ku ga mau. Beliau kekeuh nyuruh aku sekolah di MD. Walaupun pada saat angkatan aku lulus, anak-anak disekolah ku di bebaskan dari tes kalo mau masuk SMP 264 di Jakarta Barat. Ini sekolah aku doang loh, keren bgt kan bisa dapet kesempatan kayak gitu. Alhasil temen-temen ku pada sekolah di Jakarta, tapi aku nyangsang sendiri ke Tangerang.

Saking harusnya masuk MD, kakak ku yang waktu SD terkenal pinter dan masuk 10 besar NEM tertinggi di JakBar, nilai Ebtanas Matematika 10 (dalam ijazah juga 10), anak kesayangan para guru, yang bisa masuk SMP unggulan tanpa tes, tetep disuruh bapak masuk MD. Prinsip.

Masuk MD tuh pake tes. Tesnya ada tes akademik biasa dan tes baca Al-Quran. Kalo aku ambil SMP 264 padahal mah tinggal lenggang kangkung langsung daftar dan masuk kelas yak. Tapi emang ridhonya orang tua nyuruh di MD, jadilah aku di MD dan lulus dengan nilai yang cukup tinggi (tertinggi kalo g salah saat itu), dan akhirnya aku masuk di kelas 7A which is kelasnya anak-anak pinter. Haha

Masuk kelas A secara 3 tahun berturut-turut di MD bikin aku punya temen yang itu-itu aja. Hahaha. Jadinya saingannya ya itu-itu aja terus. Sampe saking temennya 4L, sampe sekarang masih deket deh temenannyaaa..

Selama di SMP nilai aku ga bisa dibilang bagus banget ataupun jelek banget. Pernah dapet nilai bahasa arab bagus, bapak aku kaget karena ga pernah liat nilaiku bagus. Wkwk. Kalo g salah pernah deh di rapot tuh dapet nilai 5an terus akunya mah bodo amat aja lah soalnya kalo g salah itu pelajaran mulok.

Pas kelas 2 SMP aku pernah dapet nilai Ulangan harian Biologi 100. Itu lembar ujian aku pajang di kamar untuk aku “pamerin” ke kakak aku (saking jarangnya dapet nilai bagus). Sampe dulu guru aku sempet nawarin untuk olimpiade biologi gitu, etapi ga jadi, kan aku jadi sedih. Haha.

Selama SMP aku juga udah aktif ikut organisasi siswa. Dulu namanya IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah). Dari kelas 1 SMP udah Pede aja disuruh guru untuk jadi calon Ketua IRM, padahal mah ga punya skill apapun. Dulu sampe disuruh pidato kampanye pas di upacara sekolah. Gileeee merinding langsuuung. Dan akhirnya aku bisa dapet 50an suara dari ratusan siswa yang ada disekolah. Haha. Pengalaman jadi mantan calon ketua pun bikin aku dapet jabatan BPH terus tiap ada kepengurusan baru, kalo g jd sekretaris, ya jadi bendahara. Wkwk

Bisa dibilang di SMP ini semangat aku belajar lebih meningkat. Kalo jaman SD dulu tiap disuruh belajar pasti akhirnya aku jadi tidur. Kalo SMP aku selalu minta ajarin kaka aku, terutama Matematika dan dari situ aku udah mulai ambisius untuk dapet nilai bagus. Sampe minta bimbel segala untuk ngadepin UN, ujung-ujungnya NEM UN nya ga cukup juga buat masuk SMA impian. Halah.

Karena UN aku yang g cukup untuk masuk SMA impian, aku dikasih 2 pilihan sama bapak. Mau masuk SMA MD lagi atau masuk SMK Farmasi?

Duileeeh, kalo masuk MD lagi, yang ada aku balik kandang doongs? Aku dengan tegas menolak tawaran bapak untuk sekolah di MD Lagi, dan dengan pasrah daftar deh tuh SMK Farmasi.
Ternyata ada tes pula untuk masuk sana. Tesnya aku kerjain dengan sungguh-sungguh karena aku liat yang daftar ada banyaaaaak sedangkan yang diterima konon katanya Cuma sedikit, sekitar 80an.

Hingga akhirnya tibalah waktu pengumuman, dan ternyata aku LULUS. Alhamdulillaaaahhh gue ga jadi balik ke MD. Wkwk

Selama sekolah di SMKF, aku masuk kelas F1. Sekolah disana jujur aja jadi challenge tersendiri buat aku. Karena, aku ga punya sodara, tetangga, atau siapapun yang aku kenal yang pernah sekolah farmasi. Sedangkan yang namanya SMK kan pelajarannya udah menjurus banget.

Alhasil aku berusaha sendiri deh tuh belajar yang namanya Ilmu resep, Farmakologi, Farmakognosi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, UUK, dll. Selama ini aku selalu punya tempat nanya pelajaran yaitu kaka dan abang aku, ketika masuk SMKF aku jadi sendiri, lonely, karena abang dan kaka ga ngerti jugaa.. palingan aku diajarin MTK dan Kimia aja.

Disini prestasi aku bisa dibilang cukup oke. Nilai di rapot aja sampe ada angka 10, sampe dibilang ga mungkin sama tetangga. Haha. Disini juga aku mulai membangun eksistensi sendiri. Karena selama SD dan SMP aku selalu dibayang-bayangi sebagai adik dari abang dan kakakku yang notabenenya anak pinter dan teladan di sekolahnya. Sedangkan di SMKF? I am A.L.O.N.E.

Sekolah disini bikin aku tambah ambisius. Aku mau lebih, aku mau jadi yang terbaik, aku mau jadi lebih baik dari yang lain, aku mau, aku mau, dan aku mau lainnya. Alhasil prestasi oke, suka ditunjuk jadi mentor sama guru, pidato in English saat upacara, salah satu dari 2 orang yang PKL di Rumah sakit padahal yang lainnya di puskesmas. Sampe akhirnya aku dapet NEM tertinggi ke 2 di sekolah. miris

Dari SMKF, aku udah nanya-nanya sama guruku tentang kampus yang oke untuk kuliah farmasi. Ada yang bilang UI dan UP. Kalo UI, aku agak hopeless meeen, SIMAK UI dan SNMPTN tuh ga gampang buat aku yang anak SMK. Karena materi ujiannya tuh dalem banget, pelajaran anak SMA banget, sedangkan di SMKF aku ga belajar sedalam itu. Akhirnya aku mau masuk UP.

Pas mau masuk UP, aku minta rapot ke sekolah untuk difotokopi sebagai salah satu syarat daftar UP. But, you know what? Guru aku bilang “aduuuh, masuk UP mah masuknya susah, keluarnya susah. Biaya kuliahnya juga mahal, udah kayak orang naik haji”. Aku Cuma bisa senyum aja saat itu, dan mikir “oh, come on bu, don’t judge book by its cover. Gaya aku yang dekil begini bukan berarti aku ga mampu masuk UP” #songongModeOn. Pokonya mah ada aja omongan miring semacam itu, karena apa? Karena gaya aku yang keliatan ga mampu. Haha. Saat itu Cuma bisa senyum miris aja sih. Wkwk

Akhirnya, aku bisa masuk UP dengan pringkat 3. Yap. Mulai dari pengumuman aja aku udah ngerasa kalo ini ga bakal gampang. Nilai aku di SMKF ga bisa dijadiin patokan untuk kuliah di UP. Akhirnya aku masuk kuliah, dan akhirnya tibalah pembagian KHS (kartu hasil studi) dan IP aku ternyata miris, mendekati 2,5 aja dooong dengan beberapa mata kuliah yang ga lulus, salah satunya Matematika (iya, padahal dulu aku suka jadi mentor MTK di sekolah, iyaaa). Mental aku masih cukup oke, karena udah di motivasi sama dosen pembimbing dan emang dibilangin kalo kuliah farmasi ga mudah.

Puncaknya adalah semester 2, IP aku jatuh se jatuh-jatuhnya. IP aku terjun payung dengan payung yang bolong-bolong. Haha. Terus aku gimana? Aku ga nangis sama sekali. Hahaaha. Mama dan bapak Cuma nanya kenapa bisa begini? Dan aku bilang aja kuliahnya susah (emang susah).

Dan akhirnya masuk ke semester 3, semangat belajar aku mulai kembali lagi dan aku mulai ngerti dengan gaya belajar aku. Aku tuh tipe Audio Kinestetik yang kalo belajar ga bisa sendiri, harus ada temen belajar yang ngapalinnya kenceng, trus aku rekam diotak, dan harus diulang-ulang kalo perlu sampe ditulis, baru aku bisa hapal. Dari situ aku ketemu temen aku, Yeyen, yang gaya belajar kita tuh udah cocok banget, sampe suka nginep-nginepan kalo belajar bareng.

Di semester 3 nilai aku mulai meningkat, begitu seterusnya sampe aku pernah dapet IPS 3,45. Remedial aku udah ga sebanyak semester 1 dan 2. Tapi karena nilaiku yang ga pas di semester 1 dan 2, kelulusanku harus diundur 1 semester lagi, jadi aku kuliah S1 total selama 4,5 tahun dengan IPK 3,09 (iya, miris yaa.. )

Kelar S1, aku lanjut kuliah Profesi Apoteker, di UP juga. Disini semangat belajar aku masih oke banget. Makin ambisius daripada SMKF dan S1. Yang bikin aku makin ambisius adalah ketika aku Wisuda S1 di JCC, nilai ku yang segitu dengan masa studi lewat dari kata normal membuat bapak dan mama ku serta kakak dan adik duduk di tribune.  Tribune di JCC itu kan tinggi banget ya, itu tuh serem banget kalo ngeliat ke bawah (arah wisudawan) karena ya curam banget gitu tangganya, manalagi kakakku lagi hamil besar.

Pada saat perjalanan pulang kerumah, bapakku bilang “bapak mau duduk di bawah pas Wisuda Apt nanti. Kalo bapak ga duduk di bawah, bapak ga mau dateng, dede aja datang sendiri sama mama atau abang”. Alasannya ya karena kursi tribune tuh curam bangeeet, ditambah lagi mama ku sakit yang suka bikin pusing, jadi bapak khawatir mama jatuh atau semacamnya.

Terus kan ya aku jadi mikir, orang tua yang bisa duduk di bawah itu Cuma orang tua yang anaknya mahasiswa terbaik, mahasiswa berprestasi, dan mahasiswa Cum Laude. Aku mah ya udah mikir kayanya susah untuk jadi mahasiswa terbaik karena saingannya cukup berat di angkatanku. Untuk jadi mahasiswa berprestasi apalagi, aku ga punya skill apapun yang bisa dibanggakan apalagi jadi prestasi sendiri. Satu-satunya cara biar bapak dan mama duduk dibawah adalah aku HARUS CUM LAUDE. Dari situlah aku makin ambisius sama nilai. Aku ga mau ada nilai B di Transkrip nilaiku.

Sampe akhirnya, semester 1 di Apt aku aman. Ga ada nilai B di semester 1. Aku tinggal berjuang untuk PKPA dan Ujian lainnya supaya ga ada yang nilai B.

Selama semester 2, aku gatau nilai ku berapa sebelum aku Yudisium. Aku sadar banget kalo performance aku di ujian komprehensif tuh ga oke. Bahkan untuk ngebayangin dapet B+ aja aku udah seneng. 

Hari-hari sebelum yudisium aku udah deg-degan, takut sama hasil Ujian Komprehensif aku. Sampe tibalah waktunya Yudisium.

Pas Yudisium, namaku dipanggil dan ternyata nilai Ujian Komprehensif aku A-, IPK 3,80 dengan predikat Cum Laude.

MasyaAllah..

Rasanya mau langsung sujud syukur saat itu juga.

Betapa Allah Maha Pemurah. Aku anak yang ga berprestasi bisa dapet segituuuu.. IP aku yang dulu pernah jatoh jadi kayak gini hasilnyaa.. selama yudisium aku terharu, sampai tiba saatnya pembacaan Doa, aku sampe menitikkan air mata haru dan kebahagiaan.

Di dalam otakku “pak, ma, nanti duduknya di bawah ya, ga usah di tribune lagi, kita duduk dibawah bareng rektor dan dekan”. Ihiiiiyyyy..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar