Jumat, 12 Februari 2016

cerita PKPA


Assalamu'alaykum..

ngelanjutin cerita selanjutnya, di bulan September 2015 aku memulai perjuangan yang baru, yaitu PKPA atau Praktek Kerja Profesi Apoteker. PKPA ini dilakukan selama 4 bulan dengan 3 peminatan. untuk peminatannya ada Industri, Rumah Sakit, Pemerintahan, dan Apotek. aku mengambil peminatan Industri, Apotek dan Rumah Sakit.



Bulan September 2015 merupakan bulan pertama aku memulai PKPA dan aku ditempatkan di Industri obat yaitu PT. Samco Farma di daerah Tangerang. Disini aku ditempatkan bersama 2 orang temanku yang lain yaitu Amanda dan Harvey. 

Amanda Angelina Sinaga, cewe yang doyan banget cerita, ampe semuanya dia ceritain. Penjual komik dan suka mikir kritis. Kalo ngomong suka gagap rada susah gitu keluarnya, tapi tetep maunya cerita panjang lebar. semuanya pasti dia ceritain dari hulu ke hilir, dari jaman SMP sampe Kuliah di Pontianak, dari cinta pertama sampe cinta dia yang sekarang. hahaha. tak lupa pula cerita konyol dia mengenai pengalaman dimana HP dia retak layarnya hanya karena kegigit taring dia saat dia lagi diatas kereta dan ribet pegang HP akhirnya HPnya diselipin diantara taringnya. Alhasil Manda harus service HP selama 2 bulan lebih. hahaha

kalo Harvey Lukas Wijaya sih aku udah ga ngerti lagi sama tu orang. Konyol banget semua yang dia lakukan, kaga ada yang bener, idupnya terlalu nyantai dan woles, dan juga koplak level 10/10. ga ngerti lagi pokonya *alay*. Dia juga suka banget bawa makanan untuk kita, hahaha *padahal yang cewek aku dan Manda* salah satunya Kue Bulan Sin Hap Hoat. Konon Katanya, Kue Bulan ini disajikan saat hari perayaan apaaa gitu di agama Budha *Harvey seorang Buddhis* dan harganya juga mahal banget bisa 50rebuan, dan si Harvey bawain aja gitu dong buat aku dan Manda *rejeki ga boleh ditolak*. FYI, si Harvey ini anaknya gampang banget dipalak. wkwk.


Manda, Harvey dan Aku

Kue Bulan Sin Hap Hoat




Seharusnya, PKPA aku di Industri tuh selama 2 bulan, tapi karena jadwal tergantung dari Industrinya jadi aku cuma PKPA disana selama 19 hari. WOW. Jauh banget bedanya. Jujur, aku dan teman-temanku merasa sedih awalnya, karena PKPA cuma sebentar, tapi setelah dijalani, malah mikir "kok disini kayak ga ngapa-ngapain ya? cepetan selesai deeeh" hahaha.

Yap, beberapa temenku ada yang bilang gini, "awal bulan semangat banget PKPAnya, pertengahan bulan jadi mulai males dan mulai ngitung hari kapan selesai PKPA". wkwk

Selama PKPA disana Alhamdulillah orangnya baik baik semua, dapet makan siang, masuk jam 8 pulang jam 3. Cukup enak karena kita bisa keliling keliling pabrik dan bebas mau nanya-nanya sama manager, supervisor, dan staf disana. Syukurlah mereka sangat dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan kita dan terkadang pertanyaan aneh si Harvey yang menurut aku ga perlu ditanya. wkwk

Walaupun cuma 19 hari dari 15 September sampe 9 Oktober, tapi cukuplah jadi bekal minimal untuk maju ujian Komprehensif :)


SELANJUTNYA,

Di bulan November aku lanjut PKPA di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita bersama 2 orang teman lainnya yaitu Alvina dan Harvey (yak, lagi lagi gueh sama Harvey, Bosen.)

Alvina, Harvey dan Aku
*ignore my kucel face*

Kita lagi di ruang "bobo" alias ruang tunggu untuk mahasiswa PKPA di IFRS

PKPA di Harkit selama 1 bulan full kita lewati bersama. halah.

Alhamdulillah, orang orang di IFRSnya baik, yang di Depo juga baik, mau jawab pertanyaan kita, ya paling kalo ga bisa jawab ya kita disuruh nanya sama kepala tim mereka.

Selama PKPA disini kita masuk jam 7 dan pulang jam 3.30, jadi beda banget sama di Samco T.T. Di RSAB HarKit aku dan Alvina dapet tugas khusus tentang pengendalian Obat, Alat Kesehatan dan Bahan Medis Habis Pakai. Jadi, kerjaannya ngecek pengendalian tiap hari. Karena kita suka bosenan dengan kerjaan yang itu itu aja, kita jadi suka nyanyi di Depo dan dibiarin aja gitu sama staf disana, malah terkenal banget kalo kita doyan nyanyi selama disana. Ditambah lagi nama Alvina dan Harvey yang mirip sama nama penyanyi, makin makin lah mereka disuruh nyanyi mulu, apalagi ada radio pula di dalam Depo. wkwkwk

Seru banget sih ya PKPA disini. tapi yang bikin seru bukan tempatnya, melainkan anak-anaknya. Si Alvina Evania Wibowo yang selama ini aku kira pendiem, eh ternyataaa kalo udah ngomong susah di rem. wkakakak. Banyak banget gosip yang dia tau, jadi dapet banyak info dah tuh dari dia. haha. si Vina ini anaknya kritis banget jalan pemikirannya, terutama soal uang. ahahaha.
kita suka bilang kalo kita tuh cocok banget soal uang. karena dia turunan Chinese dan aku turunan Padang yang mana terkenal banget Strict banget sama uang, jadi hitung-hitungan pun teliti banget, sampe selisih 2 ribu aja kita cari itu selisihnya kemana. cucok lah pokonya mah kita. wkwk
Selama PKPA disini Vina sering merasa Lelah dan ngeluh pengen langsung kawin aja. sampe akhirnya dia pernah kirim email tugas ke aku dengan subject "2016 menemukan pasangan hidup", kayaknya saking desperate dan stres nya sama PKPA dan printilannya. hahaha

Yah, kalo Harvey ya kurang lebih so so lah kaya di Samco. Masih suka kita palakin dan suka bawa makanan hasil palakan kita. hahaha


NEXT,

Di bulan Desember aku mulai PKPA di PT. Kimia Farma Apotek. Jadi, mulai tanggal 5 Desember kita pembekalan dulu di kantor pusat Kimia Farma Apotek di jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat. Pembekalan selama 2 hari diisi mengenai materi terkait dengan perapotekan, pembagian tempat PKPA, dan pembagian tugas. Aku dapet di Kimia Farma No. 78 daerah Pasar Anyar dengan tugas Feasibility Study.

Mahasiswa PKPA UP di kantor pusat KF Apotek saat pembekalan.
Setelah 2 minggu PKPA, kita diharuskan mempresentasikan tugas yang sudah diberikan didepan penguji dari KF dan peserta PKPA lainnya serta menempuh Ujian Komprehensif dari KF.

Jadi, selama 2 minggu aja, aku dan temen-temen harus ngelakuin Feasibility Study atau Uji Kelayakan dalam mendirikan Apotek. Mulai dari cari lokasi Apotek, nanya nanya harga Ruko yang bakal jadi Apotek, ngitung jumlah kendaraan yang lewat depan tempat calon Apotek, ngedata apotek pesaing dan RS, Klinik dan Praktek Dokter disekitar calon lokasi, cek Angka kependudukan dan Angka kesakitan, dan hal-hal lainnya yang harus dikerjakan dengan terjun langsung, ga bisa lewat internet (kecuali data kependudukan bisa diliat di website disdukcapil).

Finally, setelah momen-momen dibabat habisnya kita oleh penguji KF (kita ga bisa maksimal karena sungguh, ini terlalu berat untuk pemula seperti kami), kita bisa narik napas lega karena udah lewat. Tinggal persiapkan diri untuk besok maju Ujian Komprehensif KF. Ujian Komprehensif KF ternyata tak semenakutkan yang dibayangkan. Aku fikir bakal satu orang maju, pertanyaannya Klinis banget, dan lain sebagainya, eh ternyata malah mikir "oh, ini udah Komprenya?" hehehe

muka muka lega selesai Kompre

senyum manis setelah Kompre

Kimia Farma no 78 tuh ada di Pasar Anyar Tangerang. Syukur Alhamdulillah bisa disana karena selain deket, ada temenku juga yang jadi apoteker disana jadinya sekalian jadi pembimbing teknis aku gitu deeh, :)

bersama karyawan Apotek Kimia Farma No. 78, Pasar Anyar (ki-ka: pak Bowo, Lutfi, Rizka, Nurul, Aku, Wiwi, Pak Budi, Tendy, Rizal)
PKPA disana seru banget. karyawannya anak muda semua *kecuali 2 orang ibu AA senior* dan lebih muda dari aku, ditambah lagi ada anak PKL dari SMK Farmasi, Jadi berasa anak SMA lagi deh akunya.

Selain seru, ilmu yang di dapet juga banyak. Mulai dari masalah komunikasi dengan pasien sampe farmasi Klinis dan farmakologi aku juga di tes disini, soalnya ada Apoteker PTT yang sering banget ngasih aku tips sekaligus sering banget nguji aku dengan soal farmakologi T.T

Disana juga bebas banget nanya apapun, semua staf nya mau banget ngejawab selagi mereka mampu ngejawab.

Aku PKPA disana selama bulan Desember, kurang lebih 3 mingguan. masuk Senin-Sabtu, dibagi jadi 2 shift, shift pagi jam 7 sampe jam 2, shift malem jam 2 sampe jam 9. karena aku berdua sama Nurul, jadi kita bagi dua deh Shiftnya.

Finally, selesai juga post tentang PKPA aku.
Next project adalah mengumpulkan niat untuk menulis tentang kesibukan aku selama bulan Januari 2016 yang super bangeeeet buat aku dan mahasiswa Apoteker UP angkatan 55 lainnya.

See you in my next post.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar