Minggu, 13 Januari 2013

Jujur ??

Jujur
sebuah kata yang sulit untuk dilakukan. dikatakan sulit untuk dilakukan karena kit alihat realita negri ini, dimana begitu banyak koruptor. kenapa? karena tidak adanya nilai-nilai kejujuran yang tertanam dalam pribadi mereka.

ga usah jauh-jauh deh ya omongin koruptor. kita lihat realita sekitar kita aja dulu, misalnya sekolah. banyak pelajar yang mencontek, bahkan bangga dengan hasil contekkannya.

realita ini juga saya lihat di sekitar saya. banyak orang yang sudah ketahuan mencontek, tapi ga pernah jera untuk mencontek lagi. apa yang salah? rasa kejujuran itu yg ga ada di sikap dan sifat setiap orang.

efek dari mencontek pun jg bisa terlihat di kehidupan sehari-hari orangnya (menurut survei saya sendiri). orang yang suka mencontek itu tidak bisa menghargai hasil kerja keras orang lain, cenderung berpangku tangan dan tak bisa diandalkan. kalo di kursi pendidikan aja udah ga bisa diandalkan, gimana di dunia kerja nanti??

bagi saya, lebih baik melihat nilai yang tidak terlalu bagus tapi nilai itu adalah hasil kita sendiri daripada hasil mencontek. karena, kalo kita bangga dengan hasil mencontek berarti kita telah membohongi diri kita sendiri. bohongin diri sendiri aja bisa, apalagi bohongin orang lain. kayanya dari situ tuh mental koruptor mulai terbentuk.

nilai bagus dan sempurna bukanlah tolak ukur kesuksesan, tetapi prosesnya lah yang jauh lebih dihargai. apalagi kalo nilai bagus dan sempurna dengan hasil sendiri, sangat jauh leebbbiihh dihargai.

jangan 'gerah' dengan kasus korupsi di negri ini kalo dari diri masing-masing belum ada rasa menghargai kejujuran.

percayalah, buah ketidakjujuran hanya manis diawal, sisanya akan terasa pahit karena penyesalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar